Jumat, 09 November 2012

0 foto Naga di Kutai ternyata hanya hasil editan

Sumber : http://wawasanfadhitya.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-tombol-sukalike-facebook.html#ixzz2B7UQJkUB


Terkuak sudah teka teki tentang ular raksasa yang dikabarkan pernah terlihat di daerah Kutai/Borneo yang menggemparkan itu, ternyata itu hanya Hoax/bohong belaka, berikut ini artikel yang saya dapat dari postingan bro Pandito di Bluefame.com

Pernah melihat foto tersebut di internet sebelumnya? Ya, foto yang sebenarnya sudah lama ini sempat membuat heboh dan hampir memenuhi seluruh situs, forum, dan blog di internet pada waktu itu. Foto ini sempat bertahan beberapa saat hingga akhirnya dipastikan bahwa hanyalah hoax. Berikut ulasannya...

"Februari 2009, sebuah foto diserahkan oleh seorang tidak dikenal ke surat kabar Telegraph di London. Ia mengaku bahwa ia adalah seorang anggota tim SAR dan sedang memantau wilayah banjir di Malaysia dengan helikopter, ia melihat seekor ular raksasa sedang berenang di sungai Baleh dan segera memotretnya. Lalu pada tanggal 20 Februari 2009, Telegraph mempublikasikan foto tersebut dengan judul "Photograph shows 'giant snake' lurking in Borneo River". Foto tersebut dengan cepat beredar di internet dengan kehebohan yang luar biasa. Tidak banyak yang mengetahui bahwa foto tersebut ternyata adalah sebuah tipuan yang cerdas. Saya sebut cerdas karena London's Telegraph pun tertipu begitu saja."

Begitulah kutipan yang saya ambil dari sebuah blog misteri. Dikatakan foto ini bahkan bisa menipu situs resmi terkenal di Inggris "London's Telegraph". Foto tersebut dipublikasikan di London's Telegraph sebagai penampakan ular raksasa di sebuah sungai di Borneo (Kalimantan). Foto ini "katanya" diambil dari atas helikopter pada saat sedang melakukan penelitian tentang habitat makhluk hidup disekitar sungai tersebut.

Pertanyaan yang langsung dilontarkan untuk foto tersebut adalah "Kenapa hanya ada satu foto makhluk tersebut??". Seharusnya jika memang benar diambil dari atas helikopter, banyak gambar yang bisa diambil dari berbagai sudut. Namun kenapa hanya satu foto??. Seperti biasa, jika sebuah foto/video diambil tetapi orang yang mengambilnya tidak memberikan keterangan (identitasnya tidak jelas/ anonymous) maka langsung dianggap foto/video tersebut kemungkinan hoax. Lihat saja foto penampakan UFO di Blok M, Jakarta, 2 minggu yang lalu, identitas pengirim = anonymous = hoax.

Atas dasar itu saya mengatakan bahwa foto itu hoax. Tapi itu hanya asumsi saya sebelum saya melihat foto yang satunya lagi. Sebenarnya ada dua foto yang berhasil menangkap gambar seekor ular raksasa tersebut. Foto yang satu lagi dipublikasikan oleh DailyMail.

Berikut foto yang satunya lagi dari DailyMail.

Foto tersebut "katanya" diambil di sebuah desa di pesisir sungai yang sama sesaat setelah foto sebelumnya diambil. Namun apakah anda menyadari ada perbedaan dari kedua foto tersebut??

Menurut sumber yang saya baca, ternyata yang berbeda itu adalah warna airnya, dengan kata lain airnya berbeda. Bagaimana bisa, padahal 'katanya' kedua gambar itu diambil dari sungai yang sama. Hanya ada satu jawaban yang pasti, kandungan air kedua sungai berbeda, dengan kata lain sungai di kedua foto tersebut adalah sungai yang berbeda. Lalu kenapa diakuinya foto tersebut berasal dari sungai yang sama?? jawabannya adalah karena foto tersebut Hoax

Kepalsuan foto tersebut lebih jelas lagi terlihat jika kita melihat foto sebenarnya dari foto tersebut.


Ternyata foto tersebut hanya sebuah hasil rekayasa photoshop sederhana dari orang yang tidak bertanggung jawab. Lebih anehnya lagi, sebenarnya yang di foto tersebut bukanlah sungai di Borneo, melainkan gambar sungai di Kongo, Afrika.

Foto yang kedua yang diterbitkan oleh Daily Mail sebenarnya adalah salah satu finalis sebuah kontes photoshop tahun 2002 yang bernama "Cryptozoo 2" yang dikirim oleh seseorang dengan nama "SilkenFairy". Judul foto tersebut adalah "Snake!"

Wew, ternyata editan hasil photoshop sederhana bisa menipu 2 situs resmi di Inggris, Dailymail dan Telegraph.uk. Padahal bagi saya/kita (mata orang awam) sudah sangat jelas bahwa foto itu adalah editan. Hebatnya foto tersebut bisa bertahan selama beberapa waktu sebelum dipastikan adalah sebuah rekayasa.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

mahasiswa kehutanan blog Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates